9.26.2012

Alalsan kz200 a.k.a Binter Merzy mudah dibuat Chopper

Belakangan ini, tren sepeda motor yang dibentuk menyerupai Harley Davidson atau chopper sedang digandrungi kalangan bikers. Tak peduli duit bakal keluar, demi menyerupai motor asal Amerika yang melegenda itu. Tapi, dari berbagai sepeda motor yang bisa diubah bentuknya dengan mudah menyerupai Harley adalah Kawasaki Binter Merzy (KZ 200).



Memang, untuk diubah menjadi chopper, sepeda motor apapun bisa. Terlebih, jika ditangani oleh mekanik yang ahli. Namun, dari semua sepeda motor itu yang paling mudah dibentuk chopper adalah  Kawasaki Binter Merzy (KZ 200). Mengapa mudah? Karena Kawasaki Binter Merzy (KZ 200) bentuk rangkanya cukup besar sehingga mudah dibentuk menjadi mirip Harley Davidson.

Di Indonesia, Binter adalah merek lokal dari sepeda motor Kawasaki. Nama 'Binter' sendiri adalah singkatan dari 'Bintang Terang', yaitu nama perusahaan distributor sepeda motor ini. Merk ini terakhir digunakan pada tahun 1983 ketika Kawasaki di Indonesia menutup usahanya.

Kawasaki di kemudian hari membuka kembali usahanya di Indonesia, tetapi tidak lagi menggunakan merk 'Binter'. Binter Merzy/KZ 200 adalah sepeda motor kelas menengah dengan mesin 200 cc silinder tunggal. Motor ini adalah sepeda motor produksi massal resmi terbesar kapasitas mesinnya di Indonesia, sampai pada saat Suzuki Thunder 250 cc diluncurkan di Indonesia.

Pada tahun 1983, sepeda motor ini mengadopsi sistem CDI sampai produksinya dihentikan pada tahun 1984. Awal produksi spesifikasi ini disebut Merzy CDI. Pada tahun 1984, selama masa produksi terdapat 1 kali perubahan model di tahun akhir dari model pendahulunya, menjadi lebih sporty atau yang biasa disebut Merzy New Tank atau Merzy Cobra.

Pada waktu tersebut, Kawasaki Motor pernah direncanakan akan meluncurkan model baru dengan peningkatan kapasitas mesin 250 cc. Namun, peraturan pemerintah di Indonesia pada waktu itu menolak kapasitas mesinnya. Peraturan di Indonesia pada waktu itu membatasi kapasitas maksimum mesin motor 200 cc, untuk konsumsi publik.

Itulah sekilas tentang Binter Merzy/KZ 200, merk sepeda motor di Indonesia yang hampir 'terlupakan' oleh khalayak umum. Namun, di tangan para penggemar fanatiknya, motor ini masih banyak dalam kondisi yang terawat baik. Walaupun mereka dihadapkan pada persoalan minimnya suku cadang, sehingga mereka mengakalinya dengan cara meng-kanibal spare part dari motor merk lain ataupun bahkan suku cadang mobil.


Nothing in this website or have trouble finding what you are looking for? Please use our special search from Google
Share

No comments:

Post a Comment

Popular Posts


Other Modification of kz200 Binter Merzy

MERZYMANIA Headline Animator


Page Ranking Tool
BlogFlux Tools
Blog Directory & Search engine
Blog Directory



Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net